Selasa, 08 Mei 2012

PENGARUH GLOBALISASI DENGAN GLOBAL SYSTEM DAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY


Arus globalisasi seakan – akan telah mengenggam dunia dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perkembangan jaman saat ini. Globalisasi juga membawa hawa yang memunculkan suatu sifat serba cepat dan instan, sehingga tanpa tidak disadari kita yang hidup di abad 21 ini telah terjun didalamnya. Masyarakat yang ada di seluruh dunia pun menjadi saling tergantung pada semua aspek kehidupan, baik secara budaya, ekonomi, ideologi, agama maupun politik. Globalisasi sendiri dapat diartikan sebagai proses yang menghasilkan dunia tunggal. Artinya, masyarakat di seluruh dunia menjadi saling tergantung pada semua aspek kehidupan, sehingga mengakibatkan adanya saling ketergantungan yang benar – benar telah mengglobal.
Globalisasi memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa serta antar manusia di seluruh dunia melalui perdangangan, investasi , perjalanan, dan bentuk – bentuk interaksi yang lain sehingga batas – batas suatu negara menjadi semakin sempit. Di sisi lain, ada yang melihat globalisasi sebagai sebuah proyek yang diusung oleh negara – negara adikuasa, sehingga bisa saja orang memiliki pandangan negatif atau curiga terhadapnya. Era globalisasi yang ditandai dengan membanjirnya arus tekhnologi informasi ini menjadikan kehidupan sebagian besar masyarakat mengarah kepada hal yang bersifat materialis – liberalis dan berujung pada gaya hidup hedonis berbasis peradaban Barat. Hal tersebut dapat berimbas pada kehidupan pribadi yang terkoyak – koyak dan tatanan sosial yang hancur berkeping – keping.
Fenomena globalisasi telah menampakkan dua wajah yang berbeda, hal ini  dapat dilihat dari dampak negatif dan dampak positif dari globalisasi itu sendiri.  Dampak negatif yang sudah terlihat jelas sekarang ini adalah budaya konsumerisme dan adanya produk – produk yang berasal dari luar atau barat telah menjamur di dalam kawasan lokal. Misalnya saja di Indonesia sendiri telah banyak terdapat produk – produk yang berasal dari luar negeri seperti Mc Donald, KFC, Pizza Hut, A & W, Coca – Cola, Pepsi, dll.  Adanya produk – produk dari luar tersebut tanpa tidak disadari telah melahirkan budaya konsumerisme terhadap masyarakat yang ada di Indonesia ini. Jika kita memperhatikan secara lebih mendalam lagi utamanya di kota – kota besar sekarang ini keadaannya semakin hari semakin sama misalnya saja dimana – mana terdapat gedung – gedung megah yang jaraknya antara satu dengan yang lainnya lumayan cukup dekat, gedung tersebut tidak lain merupakan pusat perbelanjaan yang biasa kita sebut mall. Di dalam mall tersebut juga masih terdapat produk – produk yang berasal dari luar negeri, seperti Matahari, Dunkin Donats, Bread Talk, dsb. Berbagai contoh tersebut sudah jelas menggambarkan bahwa globalisasi telah mendunia dan secara universal ataupun menyeluruh telah menghipnotis para konsumen untuk berlomba – lomba adu gengsi di jaman modern ini.
Pada jaman sekarang ini masyarakat juga cenderung mengandalkan perkembangan tekhnologi dan alat – alat komunikasi seperti hp, komputer, laptop, ipad, internet, dll. Hal tersebut secara tidak langsung telah dimanfaatkan oleh sebagian besar bisnisman untuk mempengaruhi lifestyle masyarakat agar membeli produknya. Dari dampak negatif yang ditimbulkan dengan adanya globalisasi yang terjadi di dunia utamanya di indonesia sendiri tanpa tidak disadari telah melahirkan empat golongan kapitalis global yaitu Executive ( manajer ), pejabat – pejabat ( pengelola ), profesional politik dan para pecinta fashion. Disisi lain adapun dampak positif dari globalisasi itu sendiri yaitu sistem pemerintahan yang dijalankan saat ini lebih demokratis dan terbuka, terbukanya pasar internasional sehingga meningkatkan kesempatan kerja dan devisa negara, selain itu kita dapat meniru pola berpikir yang baik seperti dalam perkembangan tekhnologi saat ini, dengan cara mengambil sisi positifnya dan menggunakan internet secara baik dan benar sesuai dengan aturan.
Pengaruh yang ditimbulkan dari globalisasi tersebut utamanya pengaruh yang bersifat negatif cepat ataupun lambat harus ditemukan jalan keluarnya agar masalah yang timbul dari globalisasi dapat dieliminir. Jalan keluar yang dimaksud yaitu dengan menerapkan Corporate Social Responbility ( Tanggung Jawab Sosial Perusahaan ). Mengapa demikian ? Karena dengan adanya CSR diharapkan perusahaan – perusahaan yang ada di kawasan lokal dapat bersaing dengan perusahaan – perusahaan asing yang sebagian besar telah berdiri di wilayah Indonesia ini. Dengan adanya CSR , kita menjadi lebih memahami bagaimana agar produk dalam negri atau yang berasal dari lokal dapat mempunyai kemampuan untuk menjadi produk nomor satu. Corporate Social Responbility juga tidak terlepas dari adanya komponen man ( manusia ). Keberadaan komponen ini sangat penting , karena tanpa adanya manusia yang mempunyai SDM dan skill yang baik serta mumpuni maka tak ayal negara kita ini akan tergerus arus globalisasi dan ketinggalan jaman. Adanya SDM yang baik dalam menerapkan CSR ini dapat berdampak pada arah yang lebih positif, karena CSR lebih menekankan manusia untuk tidak hidup seraca hura – hura dalam artian hedonisme dan untuk menekan budaya konsumerisme yang telah mendarah daging pada jaman sekarang ini.
Manusia dalam CSR ini merupakan faktor yang tidak dapat dipisahkan, karena tanpa adanya manusia tujuan – tujuan yang akan dicapai untuk dapat bersaing dipasar internasional tidak dapat tercapai secara maksimal. Tentunya manusia disini dituntut untuk menciptakan suatu inovasi – inovasi baru yang sesuai dengan perkembangan jaman agar produknya dapat diminati oleh pasar lokal maupun pasar global. Dalam hal ini manusia secara tidak langsung ikut berlomba – lomba agar kemampuannya dalam mengelola suatu perusahaan yang mempunyai tanggung jawab sosial yang tinggi ( CSR ) dapat bersanding dengan perusahaan – perusahaan yang berasal dari luar. Hal tersebut dapat  terwujud jika antara manusia yang satu dan manusia yang lainnya saling bertanggung jawab dengan memanfaatkan  modal atau kekayaan yang dimilikinya ( investasi ) dikelola secara jujur. Dengan adanya kerjasama tersebut maka masalah – maslah sosial yang timbul dari adanya globalisasi dapat diatasi satu persatu.
Kita sebagai masyarakat Indonesia juga harus turut andil dalam pembangunan yang ada di negara kita ini baik dalam bidang pendidikan, ekonomi, budaya maupun politik . Misalnya saja kita harus mengenggam teguh sikap nasionalisme dan cinta tanah air dengan menggunakan produk dalam negri. Selain itu kita harus bisa menyerapkan budaya – budaya yang masuk di negeri kita ini dengan membuang sisi negatifnya dan mengambil sisi positifnya, misalnya dalam penggunaan alat komunikasi, internet dan gaya berpakaian. Dengan melakukan hal tersebut, maka kita sebagai warga Indonesia dapat terus maju dan berkembang di tengah – tengah arus globalisasi dengan tetap memegang teguh rasa nasionalisme kita dan tidak meniru budaya – budaya barat yang telah masuk di negeri ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar